Wednesday, February 23, 2011

SARANA PRODUKSI: ‘Humic Acid’, Beri Harapan ke Petani

Lampung Post, Selasa 22 February 2011
BANDAR LAMPUNG—Tanah subur diperlukan untuk memperoleh tanaman berkualitas. Untuk meningkatkan kesuburan tanah ini diperlukan penambahan humus yang memiliki kandungan zat aktif humic acid pada lahan pertanian.

Selain itu, tanah juga memerlukan pupuk dan kompos. Pupuk lebih berperan sebagai nutrisi bagi tanaman. Sedangkan kompos lebih berfungsi sebagai material penyubur tanah karena mengandung humic acid. Selama ini upaya pengembalian kesuburan tanah oleh petani sudah banyak dilakukan dengan penambahan pupuk kandang. Tetapi karena proses pelapukan pupuk kandang belum sempurna, penggunaan pupuk ini justru sering menyebabkan keracunan pada tanaman. Dan kandungan humic acid di dalam pupuk kandang yang masih sangat rendah (sekitar 1%), menyebabkan kebutuhan pupuk kandang menjadi sangat besar (10—20 ton/ha). Akibatnya biaya tinggi dan sulit diaplikasikan.

Pupuk kandang juga sering menjadi media subur bagi pertumbuhan dan perkembangan bakteri ataupun jamur penyebab penyakit pada tanaman. Terutama pupuk kandang yang belum mengalami proses pengomposan yang baik. Sedangkan humic acid bersih dari bakteri atapun jamur patogen penyebab penyakit. Bahkan dapat meningkatkan hormon organik dalam jaringan tanaman, sehingga tanaman lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Saat ini, riset mengenai humic acid sudah sangat berkembang sehingga memungkinkan memproduksi humus dengan kandungan humic acid yang tinggi. Namun, di Indonesia produk ini masih terbatas penggunaannya karena masih bergantung pada produk impor.
Dari keterbatasan suplai produk humic acid yang terungkap saat panen raya tanaman singkong di Blambanganpagar, Lampung Utara, Sabtu (19-2), perusahaan di Indonesia sudah mampu memproduksi humic acid dengan kandungan 55% dengan merek Humustar.

Produk ini didistribusikan di Lampung oleh CV Bimagro Indonesia yang memprakarsai acara panen raya tersebut setelah melakukan pengujian selama 8 bulan di lahan milik petani singkong Sarpin, dengan luasan 350 ha setiap musimnya.

Dari hasil pengujian, terjadi peningkatan sangat signifikan. Humustar mampu meningkatkan panen singkong 15%—30% dibandingkan yang tidak menggunakan. Selain itu, secara fisik terjadi perbaikan struktur tanah menjadi lebih gembur dan subur.
Staf peneliti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Lampung, Ngatinem yang meneliti peranan humic acid mengatakan hal itu terjadi karena fungsi humic acid mampu meningkatkan kesuburan tanah baik secara fisika, kimia, dan biologi.

Regional Sales Manager Humustar wilayah Sumbagsel Limpat Setia Budi mengatakan produk humic acid ini dapat menggantikan fungsi pupuk kandang dengan dosis 50 kg/ha yang setara dengan 10 ton pupuk kandang.


Humic acid juga dapat digunakan untuk semua jenis tanaman. Saat ini penggunaannya sudah dilakukan pada tanaman semangka, padi, jagung, kopi, kelapa sawit, dan tanaman lainnya di beberapa wilayah Provinsi Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu.

"Harapannya dengan adanya humic acid ini mampu menjadi solusi peningkatan kualitas kesuburan tanah dengan cara mudah dan murah. Serta menjamin peningkatan produksi pertanian dalam jangka panjang dengan biaya produksi ekonomis sehingga terjadi peningkatan kesejahteraan petani di Lampung khususnya dan Indonesia pada umumnya," kata Limpat. (NOV/E-1)
Untuk informasi lebih lanjut, konsultasi produk dan permintaan demonstrasi produk Bapak Limpat Setia Budi dapat di hubungi di 081379222000 atau hubungi kantor Bimagro Jakarta : 021-29003490 atau e-mail ke : Bimagro@yahoo.com

6 comments:

  1. bagaimana pemakaian pupuk NPK nya, supaya hasil panennya meningkat apakah perlu ditambah dosisnya?

    ReplyDelete
  2. salam kenal pak dengan petani kecil.semoga artikel ini bermanfaat bagi petani yang membutuhkannya.

    ReplyDelete
  3. Sore pak, mau tanya untuk penyebaran lahan yang akan di pakai untuk penanaman tanaman dengan pola crop rotation (Padi-Jagung) per hektar brp volumennya berapa dan cara efektif penyebaran bagaimana? salam

    ReplyDelete
  4. Bisa contact ke saya apabila ada kebutuhan humic acid loco medan dan pekan baru harga nego Rikson
    08126534820

    ReplyDelete
  5. Bisa contact ke saya apabila ada kebutuhan humic acid loco medan dan pekan baru harga nego Rikson
    08126534820

    ReplyDelete
  6. Bisa contact ke saya apabila ada kebutuhan humic acid loco medan dan pekan baru harga nego Rikson
    08126534820

    ReplyDelete