Monday, July 27, 2009

HUMIC ACID Harapan baru pertanian Berwawasan lingkungan

SEJARAH SINGKAT

Berawal sekitar 60 tahun yang lalu, Lydia Khristeva seorang peneliti dari Universitas Kherson USSR, berhasil menghasilkan asam humus (humid acid) dari tanah biasa, dan kemudian disiramkan pada tanaman. Ternyata pertumbuhan tanaman tersebut meningkat pesat disertai dengan pembentukan sistem akar yang kuat. Untuk pertama kali aktifitas biologi humat ditemukan. Lydia Khristeva mendedikasikan seluruh hidupnya untuk meneliti humat. Kemudian penelitian tersebut ditindaklanjuti oleh peneliti-peneliti dari negara lain seperti Uzbekistan, Cekoslovakia, Italia, dan Amerika, dll.

TEORI HUMATE

Asam humus (humid acid) adalah sebuah substansi yang memiliki struktur yang kompleks dengan berat molekul 1500. Secara praktis tidak larut (insoluble) atau mengendap dengan asam tetapi larut (soluble) dengan basa. Struktur kimia humid acid memiliki banyak gugus fungsional antara lain : 1. Gugus karboksil (-COOH) dan gugus phenol (-OH), keduanya memiliki muatan ion negatif sehingga mampu mengikat ion positif logam berat dan membentuk sebuah kompleks organo logam atau senyawa khelat (chelate) ; 2. gugus kuinon yang mampu menangkap dan mengumpulkan energi sinar matahari dan merubahnya dalam bentuk tingkat energi yang lebih tinggi. MANFAAT HUMATE BAGI TANAH Humid acid yang terkandung dalam humate bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah. Peranan humic acid bagi tanah adalah kaitannya dengan perubahan sifat-sifat tanah, yaitu sifat fisika, biologi, dan kimia tanah. 1.PENGARUH HUMAT PADA SIFAT FISIKA TANAH
Humic acid mempunyai kemampuan arbsorsi air sekitar 80-90%. Sehingga pergerakan air secara vertikal (infiltrasi) semakin meningkat dibanding secara horisontal, berguna untuk mengurangi resiko erosi pada tanah. Selain itu juga meningkatkan kemampuan tanah menahan air.
Humic acid berperan sebagai granulator atau memperbaiki struktur tanah. Terjadi karena tanah mudah sekali membentuk kompleks dengan humid acid , terjadi karena meningkatnya populasi mikroorganisme tanah, diantaranya adalah jamur, cendawan dan bakteri. Karena humic acid digunakan sebagai penyusun tubuh dan sumber energinya. Cendawan tersebut mampu menyatukan butir tanah menjadi agregat. Sedangkan bakteri berfungsi sebagai semen yang menyatukan agregat, sementara jamur dapat meningkatkan fisik dari butir-butir prima. Hasilnya adalah tanah yang lebih gembur berstruktur remah dan relatif lebih ringan.
Meningkatkan aerasi tanah akibat dari bertambahnya pori tanah (porositas) akibat pembentukan agregat,. Udara yang terkadung dalam pori tanah tersebut umumnya didominasi oleh gas-gas O2, N2, dan CO2. Hal ini penting bagi pernapasan (respirasi) mikro-organisme tanah dan akar tanaman.
Menggelapkan warna tanah menjadi semakin coklat kehitaman, sehingga meningkatkan penyerapan radiasi sinar matahari yang akan meningkatkan suhu tanah menjadi lebih hangat.2.PENGARUH HUMATE PADA SIFAT KIMIA TANAH
Meningkatkan kapasitas tukar kation (KTK). Peningkatan tersebut menambah kemampuan tanah untuk menahan unsur-unsur hara atau nutrisi. Humic acid membentuk kompleks dengan unsur mikro sehingga melindingi unsur tersebut dari pencucian oleh air hujan. Unsur N,P, dan K diikat dalam bentuk organik atau dalam tubuh mikroorganisme sehingga dapat dipertahankan dan sewaktu-waktu dapat diserap oleh tanaman. Sehingga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk kimia.
Humic acid mampu mengikat logam berat (membentuk senyawa khelate) kemudian mengendapkannya sehingga mengurangi keracunan tanah.

Meningkatkan pH tanah asam akibat penggunaan pupuk kimia yang terus menerus. Terutama tanah yang banyak mengandung alumunium. Karena asam humus mengikat Al sebagai senyawa kompleks yang sulit larut dalam air (insoluble) sehingga tidak dapat terhidrolisis

Ikatan kompleks yang terjadi antara asam humus dengan Fe dan Al merupakan antisipasi terhadap ikatan yang terjadi antara unsur P (phosphorus) dengan Al dan Fe, sehingga unsur P dapat terserap secara maksimal oleh tanaman.3.PENGARUH HUMATE PADA SIFAT BIOLOGI TANAH
Akibat pengaruh humic acid terhadap sifat fisika dan kimia tanah, sehingga menciptakan situasi tanah yang kondusif untuk menstimulasi perkembangan mikroorganisme tanah yang berfungsi dalam proses dekomposisi yang menghasilkan humus (humification).
Aktifitas mikroorganisme di atas tanah akan menghasilkan hormon-hormon pertumbuhan seperti auxin, sitokinin., dan giberillin
AUXIN, berfungsi :
Merangsang proses perkecambahan biji ;
Memacu proses terbentuknya akar dan pertumbuhannya ;
Merangsang pucuk tanaman dan akar yang tak mau berkembang menjadi mampu berkembang kembali.
SITOKININ, berfungsi :
Memacu pembelahan dan pembesaran sel sehingga mampu memacu pertumbuhan ;
Merangsang pembentukan tunas-tunas baru ;
Mencegah kerusakan pada hasil panenan,sehingga lebih awet.
GIBERELIN, berfungsi :
Meningkatkan pembungaan dan pembuahan ;
Meningkatkan prosentase jadinya bunga dan buah;
Mengurangi kerontokan bunga dan buah ;
Mendorong partenokarpi atau pembuahan tanpa proses penyerbukan.MANFAAT HUMATE BAGI TANAMAN Humate bermanfaaat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Terdapat dua proses penting yaitu:
Peningkatan energi sel tanaman dan sebagai hasilnya adalah intensifikasi proses pertukaran ion. Sehingga mempercepat pertumbuhan sistem akar dan membuat akar lebih panjang.
Peningkatan penetrasibilitas (kemampuan penyerapan) membran sel tanaman. Memudahkan nutrisi untuk terserap ke dalam sel serta mempercepat proses pernapasan (respirasi) tanaman.

Pembentukan sistem akar yang kuat dan panjang memberikan efek yang baik tanaman. Daya serap dan jelajah akar semakin maksimal untuk mencari unsur hara dan nutrisi dalam tanah. Kemampuan sel tanaman dalam menyerap nutrisi semakin baik, sebagai akibat dari kapasitas tukar kation (KTK) humic acid sangat tinggi (perlu diketahui bahwa penyerapan nutrisi oleh tanaman melalui mekanisme pertukaran ion).

Secara komersial sudah tersedia beberapa merek dagang untuk produk humic acid. Salah Satunya yang penulis temukan adalah merek HUMUSTAR yang merupakan produk dalam negeri yang di produksi oleh salah satu perusahaan nasional di Tangerang. Memiliki kandungan Humic acid 50% dan juga telah terbukti kualitasnya karena telah di gunakan oleh petani di beberapa wilayah Indonesia, terutama petani padi di pulau jawa.

Untuk keterangan lebih lanjutkan silahkan tinggalkan pesan di sini.
Semoga memberikan manfaat

18 comments:

  1. terima kasih sudah ikut mempopulerkan humic acid.... hidup petani indonesia.
    kunjungi situs HUMATE INDONESIA http://humate-indonesia.co.cc

    ReplyDelete
  2. Terima kasih juga. semoga dapat mensejahterakan petani Indonesia

    ReplyDelete
  3. lanjut saatnya menggunakan materi yang tepat untuk lingkungan

    ReplyDelete
  4. Bagaimana jika digunakan untuk tanaman keras seperti kopi,coklat dll.dan harganya kok mahal ya di lampung barat mencapai Rp 800.000 per 50 kg ?

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas tanggapannya

    Pada prinsipnya Humic acid dapat di gunakan untuk semua tanaman. Jadi untuk Karet, kopi dan kakao bisa menggunakan humic acid. karena fungsinya lebih pada tanah (Media Tanam) bukan pada tanaman itu sendiri.

    Dan mengenai harga memang sangat relatif. Sebagai perbandingan humic acid apabila di bandingkan dengan kompos/pupuk kandang setara dengan 200 x pupuk kandang. dan dari kecepatan dalam penyuburan tanah humic acid 10x lebih cepat di bandingkan dengan pupuk kandang. Jadi dengan aplikasi 50kg humic acid setara dengan mengaplikasikan 10 Ton pupuk kandang. Jadi apabila di bandingkan dengan kasus ini, mungkin penggunaan humic acid akan lebih murah.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  6. go humustar..ayo petani jawa barat saatnya kita beralih mencintai lingkungan.

    budhi

    ReplyDelete
  7. Terima Kasih Kang Budhi

    Apabila ada pengalaman menarik tentang penggunaan humic acid dan artikel pertanian lainnya. mohon bisa di share di sini. thanks

    ReplyDelete
  8. kami juga punya produk humic acid kandungan 80 - 90 % dengan merek dagang GROW,dan telah banyak digunakan didaerah sukabumi jawa barat dengan hasil yang sangat memuaskan, terutama pada para petani bunga didaerah batu karut sukaraja kabupaten sukabumi,harga Rp.50.000.-/Kg bila berminat dapat menghubungi 085846585206 ( erwin budiman )

    ReplyDelete
  9. tuk humic acid ane ada info yang lumayan murah gan...
    and kwalitas gak murahan...

    tuk lampung barat di daerah mana gan kebetulan aku bandar lampung
    yang butuh humic acid bisa hub via mail and tinggalin nama & nomor telp.
    Email : sorawanoramahe@gmail.com

    ReplyDelete
  10. humic acid kl d tangerang di jual dimana ya.kalo au sms ke no 08998701533

    ReplyDelete
  11. Kami menjual humic acid (asam humat) kadar 12-15 % bentuk cair dengan harga murah !!!
    Rp 27.000 per-liter (franco Bogor) minimal pembelian 500 liter -bentuk curah, kemasan drum & jerigen.
    Humic Acid - Asam Humat

    ReplyDelete
  12. asam humat kadar tinggi humic acid 90% !!
    AH-90 bentuk serbuk halus dan tidak berbau irit bea angkut
    hub 081 805 185 805
    http://asamhumat90.blogspot.com/

    ReplyDelete
  13. PT KANIGORO ALAM LESTARI 0812.2929.5557
    KAMI MEMPRODUKSI HUMIC ACID, uji lab UNIVERSITAS GAJAH MADA dgn kandungan 54%...tersedia dalam jumlah banyak . THX

    ReplyDelete
  14. ready stock humic acid 65 % loco medan

    ReplyDelete
  15. Mhn pencerahannya Agan2, apa yg membedakan kandungan humic acid dlm sebuah produk pupuk adam humat? Apakah semakin tinggi sdh tentu semakin bagus kualitasnya? Terima kasih

    ReplyDelete
  16. jergen 25 lt dengan ongkir berpa ya kalau ke mks

    ReplyDelete